Friday, April 15, 2016

Cara Membuat User Dan Group Baru Di Linux Debian 7 GUI

Kebetulan saya mendapati tugas dari sekolah seputar materi di sistem operasi Linux khusunya Debian. Yaitu untuk membuat atau menambahkan user baru dan group baru lalu user di masukkan ke dalam group tersebut. Dalam mengerjakan ini saya tidak langsung terjun menggunakan secara real Linux Debian 7 di laptop melainkan saya dalam praktek ini menggunakan software virtual sistem operasi yaitu Virtual Box. Bagaimana cara membuat adduser atau menambahkan user baru di Debian 7 berbasi GUI? Nah, saya akan share  cara dengan gambar atau screnshootnya bisa untuk membuat laporan simak baik-baik ya.

1. Pertama-tama silahkan anda buka Terminal. Cara masuk terminal pada Debian 7 GUI adalah klik pada Accessories lalu pilih terminal atau bisa lihat gambar di bawah ini. Biasanya terminal terletak di bagian atas pojok kiri.

2. Setelah berhasil masuk ke terminal maka langkah selanjutnya adalah masuk sebagai root. Cara masuk sebagai root adalah ketikkan perintah su lalu tekan tombol enter selanjutnya masukkan password rootnya. Saat anda memasukkan password nanti inputan password tidak akan terlihat setelah di ketik langsung saja tekan tombol enter.

3. Setelah berhasil masuk sebagai root. Saatnya kita mulai membuat user baru, perintah membuat user baru yaitu adduser spasi nama. Contoh adduser rendraaditya

4. Masukkan password usernya. Disini anda memasukkan password user sesuai keingan anda misalnya qwerty atau apa yang penting satu kata atau tanpa spasi. Ketikkan password pada Debian tidak terlihat? memang begitu jika kita menginputkan password. Tapi sebernarnya sudah terinput namun tidak terlihat atau istilahnya di hidden.

5. Masukkan password user seperti tadi untuk mengkonfirmasi. Lalu tekan enter.

6. Pada bagian Full Name isikan nama anda dan di bawahnya bisa di kosongi lalu tekan tombol enter.

7. Hingga nanti muncul permberitahuan seperti pada gambar di bawah ini, ketik huruf y lalu tekan tombol enter. Setelah menekan tombol enter user baru telah berhasil di buat.

8. Untuk memastikan apakah user telah berhasil di tambahkan bisa di lihat atau di test dengan cara switch user nanti akan ada nama user yang telah di buat tadi. Cara menggunakan user lain atau logout di Debian 7 GUI adalah klik pada nama user saat ini biasanya terletak di bagian kanan atas pojok lalu pilih Switch User.

9. Setelah switch user di lakukan maka ada option user yang telah saya buat tadi. Dan hasilnya seprti pada gambar di bawah ini. Tadi saya membuat dengan username atau nama usernya rendraaditya tetapi pada bagian full name saya kasih nama saya yaitu rendra aditya nugroho. Selesai disini anda telah berhasil membuat user baru, bisa login dan masukkan password usernya tadi.

Dan selanjutnya tugas kedua adalah membuat group baru, dan memasukan user ke dalam satu group tersebut. Tetapi sebelumnya saya telah membuat beberapa user baru dan beberapa user tersebut nantinya kan di masukkan kedalam satu group tersebut. Caranya seperti dibawah ini.

1. Masuk terminal sebagai root caranya seperti langkah pertama di atas tadi. Lalu untuk membuat group baru di Debian 7 GUI adalah dengan perintah addgroup spasi nama group. Contoh addgroup twentynine_xitkja lalu tekan tombol enter.

2. Jika berhasil nanti akan mucul tulisan Done seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya untuk memasukkan beberapa user yang telah di buat adalah dengan perintah usermod -G [namagroup] [namauser]. Contoh usermod -G twentynine_xitkja rendra lakukan berulang-ulang sesuai jumlah usernya. Tekan tombol enter. Lihat gambar di bwah ini.

3. Setelah semua user terinput untuk di masukkan kedalam group. Maka untuk mengecek apakah sudah valid maka gunakan perintah cat /etc/group lalu tekan tombol enter. Jika sudah seperti pada gambar di bawah ini berarti sudah berhasil. Selesai.

Itulah tutorial cara membuat user baru dan memasukannya kedalam group menggunakan Linux Debian 7 GUI di sertai screenshoot atau gambar. Jika masih ada yang kurang paham silahkan berkomentar. Jika ada yang butuh untuk bahan refensi tugas seperti saya silahkan di save tapi maaf saya hanya bisa memaparkan seperti ini. Dilarang copy lalu di paste atau posting ulang di blog. Sekian dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment